Selasa, 16 April 2013

Metode Ilmiah


1. Menentukan Tema
Tema   :  Strategi Pemasaran

2. Membuat Judul
Judul   : Strategi Pemasaran Dalam Usaha Meningkatkan Jumlah Penjualan Coffee Toffee   Kalimalang

3. Latar Belakang Masalah
Saat ini banyak perusahaan yang bersaing untuk mendapatkan konsumen agar produk yang mereka hasilkan banyak terjual di pasaran. Berhasil atau tidaknya, sangat tergantung dari cara perusahaan tersebut bersaing dengan perusahaan lain dalam mendapatkan konsumen. Oleh sebab itu, suatu perusahaan harus tepat di dalam penerapan strategi pemasaran yang sangat efektif.
            Penentuan strategi ini sangat erat hubungannya dengan tujuan yang telah ditentukan oleh perusahaan serta sangat menentukan dalam pemilihan ide yang digunakan untuk  melaksanakan strategi pemasaran tersebut agar tujuan perusahaan tercapai.
            Secara umum tujuan suatu perusahaan adalah untuk memperoleh laba yang maksimum sehingga usaha yang mereka dirikan dapat terus berjalan serta berkembang. Penerapan strategi pemasaran dalam suatu usaha sangat berpengaruh dalam kinerja perusahaan yang bersangkutan, sebab dalam penerapannya posisi perusahaan di pasar potensial sangat dipengaruhi oleh berhasil atau tidaknya strategi pemasaran yang digunakan. Hal ini juga merupakan sumber dana bagi kelangsungan hidup perusahaan untuk terus berkembang baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.
            Jadi, dapat dikatakan bahwa perusahaan yang dapat bertahan adalah perusahaan yang berhasil mendapatkan konsumen. Dan untuk mendapatkan para konsumen, sangat diperlukan bagi perusahaan melakukan strategi pemasaran yang efektif. Sehingga apabila strategi pemasaran tersebut dapat diterapkan dengan baik oleh perusahaan, maka selain akan lebih mempercepat pengembalian modal yang telah dikeluarkan oleh perusahaan, juga akan memberikan harapan yang besar pula untuk mengadakan peningkatan dalam kegiatan  memajukan perusahaan, atau setidaknya dapat mengatasi persaingan yang ada. Sehingga penerapan strategi pemasaran sangat penting dalam pemasaran suatu perusahaan secara keseluruhan.

4. Rumusan Masalah
Bahwa strategi pemasaran suatu perusahaan perlu dikaji mengingat masalah perusahaan sangat menentukan kelangsungan usahanya, yaitu :
1. Strategi pemasaran yang dilaksanakan oleh COFFEE TOFFEE  KALIMALANG.
2. Sejauh mana peranan strategi pemasaran terhadap volume penjualan.

5. Tujuan Penulisan
Tujuan dari penelitian karya ilmiah ini adalah untuk mengumpulkan data-data sebagi bahan penulisan ilmiah, yaitu :
                               1. Untuk mengetahui strategi pemasaran yang digunakan oleh Coffee Toffee Kalimalang
2. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh strategi pemasaran dalam meningkatkan  volume penjualan.
3. Untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan strategi pemasaran dalam meningkatkan volume penjualan yang diterapkan Coffee Toffee Kalimalang.

6. Manfaat
Dengan penulisan ilmiah ini diharapkan dapat memberikan manfaat kepada beberapa pihak, yaitu :
1. Bagi penulis atau akademis
Dengan adanya penelitian ini, banyak ilmu, wawasan, dan pengalaman yang sangat berguna di masa yang akan datang, khususnya di dalam dunia kerja.
2. Bagi perusahaan atau praktisi
Sebagai informasi atau masukkan yang berguna bagi perusahaan untuk melakukan dan meningkatkan pemasaran.

7. Analisis Data
Objek Penelitian
            Yang menjadi objek penelitian ilmiah ini adalah COFFEE TOFFEE KALIMALANG yang tepatnya berada di Jl. Raya Kalimalang Blok A20 No. 1B-C Jakarta Timur
Data / Variabel yang digunakan
Data Primer : Data yang dikumpulkan dari sumber utama yaitu informasi yang diperoleh dari COFFEE TOFFEE KALIMALANG, baik dari karyawan maupun konsumen.
            Data Sekunder : Data yang diperoleh sudah dalam bentuk yang jadi berupa dokumen-dokumen usaha tersebut.
Metode Pengumpulan Data / Variabel
1. Studi Lapangan
Dalam hal ini penulis meneliti secara langsung di Coffee Toffee Kalimalang, adapun tekniknya :
a. Wawancara, ini diperlukan dalam rangka melengkapi data dengan mengajukan pertanyaan kepada karyawan COFFEE TOFFEE KALIMALANG.
b. Observasi, dalam hal ini penulis melakukan pengamatan secara langsung untuk melengkapi data yang dibutuhkan terhadap objek penelitian.
2. Studi Kepustakaan
Dengan cara mengumpulkan data yang berhubungan dengan teori-teori dasar strategi pemasaran yang meliputi daftar bacaan dan menjadi sumber inspirasi dalam melakukan melakukan penulisan ini. Cara ini dilakukan dengan tujuan untuk memperdalam teori yang ada kaitannya dengan pokok pembahasan yaitu dengan membaca buku, majalah, dan sebagainya.
Alat Analisis Yang Digunakan
Alat yang digunakan penulis dalam menyelesaikan penulisan ilmiah ini adalah analisis SWOT yang merupakan kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman dari perusahaan yang semuanya merupakan faktor-faktor strategis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar