1. Menentukan Tema
Tema :
Strategi Pemasaran
2. Membuat Judul
Judul : Strategi Pemasaran Dalam Usaha Meningkatkan
Jumlah Penjualan Coffee Toffee
Kalimalang
3.
Latar Belakang Masalah
Saat
ini banyak perusahaan yang bersaing untuk mendapatkan konsumen agar produk yang
mereka hasilkan banyak terjual di pasaran. Berhasil atau tidaknya, sangat
tergantung dari cara perusahaan tersebut bersaing dengan perusahaan lain dalam
mendapatkan konsumen. Oleh sebab itu, suatu perusahaan harus tepat di dalam
penerapan strategi pemasaran yang sangat efektif.
Penentuan strategi ini sangat erat
hubungannya dengan tujuan yang telah ditentukan oleh perusahaan serta sangat
menentukan dalam pemilihan ide yang digunakan untuk melaksanakan strategi pemasaran tersebut agar
tujuan perusahaan tercapai.
Secara umum tujuan suatu perusahaan
adalah untuk memperoleh laba yang maksimum sehingga usaha yang mereka dirikan
dapat terus berjalan serta berkembang. Penerapan strategi pemasaran dalam suatu
usaha sangat berpengaruh dalam kinerja perusahaan yang bersangkutan, sebab
dalam penerapannya posisi perusahaan di pasar potensial sangat dipengaruhi oleh
berhasil atau tidaknya strategi pemasaran yang digunakan. Hal ini juga
merupakan sumber dana bagi kelangsungan hidup perusahaan untuk terus berkembang
baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.
Jadi, dapat dikatakan bahwa
perusahaan yang dapat bertahan adalah perusahaan yang berhasil mendapatkan
konsumen. Dan untuk mendapatkan para konsumen, sangat diperlukan bagi
perusahaan melakukan strategi pemasaran yang efektif. Sehingga apabila strategi
pemasaran tersebut dapat diterapkan dengan baik oleh perusahaan, maka selain
akan lebih mempercepat pengembalian modal yang telah dikeluarkan oleh
perusahaan, juga akan memberikan harapan yang besar pula untuk mengadakan
peningkatan dalam kegiatan memajukan
perusahaan, atau setidaknya dapat mengatasi persaingan yang ada. Sehingga
penerapan strategi pemasaran sangat penting dalam pemasaran suatu perusahaan
secara keseluruhan.
4. Rumusan Masalah
Bahwa
strategi pemasaran suatu perusahaan perlu dikaji mengingat masalah perusahaan sangat
menentukan kelangsungan usahanya, yaitu :
1.
Strategi pemasaran yang dilaksanakan oleh COFFEE TOFFEE KALIMALANG.
2.
Sejauh mana peranan strategi pemasaran terhadap volume penjualan.
5. Tujuan Penulisan
Tujuan
dari penelitian karya ilmiah ini adalah untuk mengumpulkan data-data sebagi
bahan penulisan ilmiah, yaitu :
1.
Untuk mengetahui strategi pemasaran yang digunakan oleh Coffee Toffee
Kalimalang
2. Untuk mengetahui seberapa besar
pengaruh strategi pemasaran dalam meningkatkan
volume penjualan.
3. Untuk mengetahui sejauh mana
keberhasilan strategi pemasaran dalam meningkatkan volume penjualan yang
diterapkan Coffee Toffee Kalimalang.
6. Manfaat
Dengan
penulisan ilmiah ini diharapkan dapat memberikan manfaat kepada beberapa pihak,
yaitu :
1.
Bagi penulis atau akademis
Dengan
adanya penelitian ini, banyak ilmu, wawasan, dan pengalaman yang sangat berguna
di masa yang akan datang, khususnya di dalam dunia kerja.
2.
Bagi perusahaan atau praktisi
Sebagai
informasi atau masukkan yang berguna bagi perusahaan untuk melakukan dan
meningkatkan pemasaran.
7. Analisis Data
Objek Penelitian
Yang
menjadi objek penelitian ilmiah ini adalah COFFEE TOFFEE KALIMALANG yang
tepatnya berada di Jl. Raya Kalimalang Blok A20 No. 1B-C Jakarta Timur
Data / Variabel yang digunakan
Data
Primer : Data yang dikumpulkan dari sumber utama yaitu informasi yang diperoleh
dari COFFEE TOFFEE KALIMALANG, baik dari karyawan maupun konsumen.
Data Sekunder : Data yang diperoleh
sudah dalam bentuk yang jadi berupa dokumen-dokumen usaha tersebut.
Metode Pengumpulan Data / Variabel
1.
Studi Lapangan
Dalam
hal ini penulis meneliti secara langsung di Coffee Toffee Kalimalang, adapun
tekniknya :
a.
Wawancara, ini diperlukan dalam
rangka melengkapi data dengan mengajukan pertanyaan kepada karyawan COFFEE
TOFFEE KALIMALANG.
b.
Observasi, dalam hal ini penulis
melakukan pengamatan secara langsung untuk melengkapi data yang dibutuhkan
terhadap objek penelitian.
2.
Studi Kepustakaan
Dengan
cara mengumpulkan data yang berhubungan dengan teori-teori dasar strategi
pemasaran yang meliputi daftar bacaan dan menjadi sumber inspirasi dalam
melakukan melakukan penulisan ini. Cara ini dilakukan dengan tujuan untuk
memperdalam teori yang ada kaitannya dengan pokok pembahasan yaitu dengan
membaca buku, majalah, dan sebagainya.
Alat Analisis Yang Digunakan
Alat
yang digunakan penulis dalam menyelesaikan penulisan ilmiah ini adalah analisis
SWOT yang merupakan kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman dari perusahaan
yang semuanya merupakan faktor-faktor strategis.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar